Kamis, 10 Oktober 2013

Proses Bisnis


Proses Bisnis

Halo sahabat blog yang hebat dan luar biasa, kali ini saya mau sharing tentang perkuliahan Psikologi dalam Sumber Daya Manusia ni,.. pada kesempatan kali ini, dosen saya  membahas tentang Proses Bisnis, dimana hal pertama yang harus dilakukan adalah
     1.      Menentukan Visi dan Misi Organisasi
a.      Visi : What you want to me
Di dalam visi harus mencakup SMART, yaitu:
a)      Spescific
Tujuan harus jelas; apa yang ingin dicapai, mengapa ingin mencapai tujuan tersebut, dan bagaimana melakukannya. Pastikan tujuan yang ditetapkan sudah spesifik atau jelas.
b)      Measurable
Measurable dalam bahasa Indonesia artinya terukur. Jika anda tidak dapat mengukur, maka anda tidak bisa mengelola tujuan anda. Lihatlah apa saja yang perlu dilakukan, kemudian sesuaikan denga jangka waktu tertentu. Sehingga anda dapat mencapai tujuan tersebut tepat pada waktunya.
c)      Attainable
Merupakan langkah-langkah yang dapat mendukung tercapainya tujuan, membayangkan langkah-langkah tersebut. Setelah itu, buatlah kondisi-kondisi dimana tujuan tersebut akan memudahkan anda mencapainya.
d)      Realistic
Buatlah tujuan yang realistic atau masuk akal, jika memang benar-benar ingin mencapainya. Jangan membuat satu tujuan yang memang tidak mungkin untuk dilakukan, karena itu hanya akan membuang waktu saja.
e)      Timely
Tetapkan jangka waktu dan tujuan, jika tidak menetapkan jangka waktu atau komitmen, hal ini cenderung tidak dapat terjadi. Karena merasa bisa memulai kapan saja tanpa ada batasan waktu, sehingga tidak ada urgensi untuk memulai mengambil tindakan sekarang.
b.      Misi           : Why we are here
     2.      Rencana
     Perencanaan dalam organisasi sangatlah penting untuk kemajuan dan perkembangan organisasi itu sendiri
     3.      Values
     Merupakan nilai-nilai yang menggambarkan suatu organisasi yang ada
     4.      Struktur
   Dalam menentukan struktur jabatan perlu dilakukan peninjauan aktivitas organisasi tersebut, agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Di dalam struktur organisasi, masing-masing struktur organisasi ada kerjasama yang dilihat dan berdasarkan fungsi-fungsi kebutuhan perusahaan. Dalam struktur organisasi terdapat jobdesk yang berasal dari analisis jabatan. Jobdesk tersebut berisi:
           -          Uraian kerjaan
           -          Tanggung jawab
           -          Wewenang
           -          Target
           -          Spesifikasi jabatan
Rekrutmen merupakan proses mendapatkan karyawan, sedangkan seleksi merupakan proses menseleksi karyawan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More