Senin, 07 Oktober 2013

Analisis Jurnal


Pada pertemuan perkuliahan kali ini masih sama seperti yang sebekumnya, yaitu analisis mengenai sebuah jurnal dengan metode observasi,

Efektivitas Metode Bermain Peran (Role Play) Untuk meningkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Anak
(journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/download/1555/893‎)

          Y      Peneliti yang dilakukan dalam jurnal ini menggunakan metode bermain peran sebagai intervensi untuk             pengaruhnya terhadap keterampilan komunikasi anak.
          Y  Peneliti ingin melihat apakah terdapat perbedaan keterampilan komunikasi pada anak yang diberikan perlakuan metode berain peran (role play) dengan anak yang tidak diberikan perlakuan metode bermain peran.

Keterampilan komunikasi yang diperhatikan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu :
         1)      keterampilan bicara
         2)      Mendengar
         3)      Berkomunikasi secara non-verbal.

Sebelum menentukan subjek dalam penelitian, peneliti melakukan tes awal untuk melihat anak-anak yang memiliki keterampilan komunikasi dibawah rata-rata. Setelah tes tersebut jumlah subjek penelitian sebanyak 15 siswa siswi kelas B di PAUD IT Durratul Islam, Ngablak, Magelang.

Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan observasi dengan metode Child Behavior Checklist (CBCL). Kemudian untuk melihat apakah metode bermain role play efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak, dilakukan posttest setelah eksperimen selesai.

Hasil penelitian menunjukkan “adanya perbedaan peningkatan yang signifikan pada keterampilan komunikasi antara kelompok siswa yang diberikan metode bermain role play dan kelompok yang tidak diberi metode tersebut”. Jadi, metode bermain peran sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi pada anak.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More