Kamis, 12 September 2013

Manajemen


Manajemen
  •   Pengertian Manajemen

Manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian aktivitas (termasuk perencanaan dan pengambilan keputusan), pengorganisasian, kepemimpinan dan pengadilan) yang diarahkan pada sumber-sumber daya organisasi (manusia, finansial, fisik, dan informasi) dengan maksud untuk mencapai organisasi secara efektif dan efisien (dalam Griffin, 2004).
  •   Fungsi Manajemen
a.      Planning
Fungsi perencanaan meliputi pendefinisian tujuan suatu organisasi, penentuan strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan tersebut, dan pengembangan serangkaian rencana komprehensif untuk menggabung dan mengoordinasi berbagai aktivitas.
b.      Organizing
Meliputi penentuan tugas yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakan tugas tersebut, bagaimana tugas tersebut dikelompokan, siapa melapor kepada siapa, dan dimana keputusan-keputusan dibuat.
c.       Leading
Mengarahkan dan mengoordinasi individu-individu dalam organisasi tersebut.
d.      Controlling
Pengendalian, guna memastikan bahwa segalanya berjalan seperti yang seharusnya, manajer harus memantau kinerja organisasi (dalam Robbins & Judge, 2008).

  • Proses Manajemen

Proses manajemen melibatkan empat aktivitas dasar perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian (dalam Griffin, 2004).


.          Manajemen dalam Organisasi

Suatu aktivitas dasar yang meliputi perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Manajer terlibat dalam aktivitas ini untuk mengkombinasikan sumber daya manusia, finansial, fisik, dan informasi secara efisien dan efektif untuk bekerja mencapai tujuan organisasi (dalam Griffin, 2004).
literatur :
  • Robbins, stephen P.,&Judge,A.Timothy.2008.12.1.PerilakuOrganisasi. Jakarta.Salemba  Empat
  • Ivancevich, John M., Konpaske,Robert.,dan Matteson, Michael T. 2007. Perilaku dan manajemen Organisasi. Jakarta. Erlangga.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More