Rabu, 12 Oktober 2011

self


SELF CONCEPT
Konsep diri adalah semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu tentang dirinya dan mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain
Segala yang Anda ketahui tentang diri Anda, semua apa yang Anda percayai, dan apa yang telah terjadi dalam hidup Anda terekam dalam mental hard-drive kepribadian Anda, yaitu di dalam self-concept Anda. Self-concept Anda mendahului dan memprediksi tingkat performa dan efektivitas setiap tindakan Anda. Tingkah laku nyata Anda akan selalu konsisten dengan self-concept yang terdapat di dalam diri Anda. Oleh karena itu, perbaikan di segala bidang kehidupan Anda harus dimulai dari perbaikan di dalam self-concept Anda


SELF ESTEEM
Harga diri adalah evaluasi diri didasarkan pada pertimbangan guna mempertahankan penghargaan terhadap diri disertai keyakinan bahwa dirinya adalah orang yang mempunyai kemampuan, penting, berguna dan sukses (Coopersmith, 1967).
Harga diri mempunyai hubungan dengan penyesuaian diri. Siswa dengan harga diri lebih mudah untuk mendapatkan teman (Coopersmith, 1967), dicintai orang lain (Heatherton & Vohs, 2000), dan mempunyai afeksi yang kaya (Coopersmith, 1967). Siswa dapat menerima diri sendiri (Brown & Dutton, 1995), mempunyai keyakinan yang baik tentang dirinya (Heatherton & Vohs, 2000), mempunyai aspirasi yang tinggi (Brown & Dutton, 1995), mempunyai manajemen diri yang baik, optimis dan tekun (Baumeister, dkk., 1993), serta mempunyai karakter yang menarik, kompeten, hangat dan bermoral (Heatherton & Vohs, 2000)

SELF EFICACY
Efikasi diri
Bandura (1977: 2) mendefinisikan efikasi diri sebagai kepercayaan seseorang atas kemampuan dirinya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Atau dengan kata lain, kondisi motivasi seseorang yang lebih didasarkan pada apa yang mereka percaya daripada apa yang secara objektif benar. Persepsi pribadi seperti ini memegang peranan penting dalam pengembangan intensi seseorang. Senada dengan hal tersebut, Cromie (2000) menjelaskan bahwa efikasi diri mempengaruhi kepercayaan seseorang pada tercapai atau tidaknya tujuan yang sudah ditetapkan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More